SNS Line Malicious Account Spread Out


Hy guys!, maaf ya kalo gw jarang posting di blog ini :v

Jadi, baru - baru ini ada sebuah akun "Unknown" yang masuk ke beberapa grup secara random (Awalnya akun ini menggunakan nama yang aneh, lalu menjadi "Unknown"), akun ini lalu masuk melalui link lho, aneh kan?

Padahal akun tersebut tidak di undang, tidak pula dikirimin link. tapi akun tersebut tetap bisa masuk ke grup yang ada di aplikasi Line Messenger (bukan yang OpenChat, tapi ini beneran grup line).

Screenshoot : sebuah grup Ekstrakurikular yang dimasuki oleh malicious account
Ketika malicious account ini masuk ke grup, akun tersebut mengirimkan sebuah pesan seperti screenshoot di atas, lalu akun tersebut keluar dari grup dan nama akun tersebut berubah menjadi "Unknown" (diduga akun tersebut telah berganti nama ataupun dihapus oleh pihak Developer Line Messenger atau oleh pelaku). Masalah tersebut dicoba diatasi oleh salah satu member grup tersebut dengan memblokir link invitation group seperti screenshot di atas.

Screenshoot : Ketika pesan dari malicious account tersebut di klik

Ketika pesan dari akun mencurigakan tersebut di klik, yang muncul adalah sebuah izin login melalui QR Code yang biasanya diminta ketika kita akan login di aplikasi Line Messenger PC. jika kita menyetujuinya, maka akun line messenger kita otomatis akan login di Aplikasi Line PC milik pelaku.

Sampai disini, dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa akun tersebut adalah akun Scam atau penipuan dimana pelaku ingin menjebak korban agar memberikan akun line Messenger nya dengan meloginkannya ke PC pelaku. namun, untuk masalah cara akun tersebut masuk ke grup - grup secara random, belum bisa gw simpulkan dan masih dalam tahap penelitian.

Beberapa hari kemudian, hal tersebut terjadi lagi. Nick akun tersebut menggunakan aksara thai (Huruf yang digunakan di negara thailand) sebelum berubah kembali menjadi "Unknown"

Screenshoot : Sebuah grup kelas khusus bahasa inggris yang dimasuki oleh Malicious Account
Seperti yang kita lihat pada screenshoot di atas, akun tersebut masuk ke grup, lalu mengirimkan sebuah pesan yang ditulis dengan aksara thai. pesan itu berisi sebuah ajakan untuk menambahkan sebuah official account yang sepertinya tidak membahayakan. namun yang aneh disini adalah akun tersebut seharusnya tidak dapat masuk ke grup, karena sebelumnya link yang terhubung dengan grup tersebut telah di blokir.

belum ada cara yang ampuh untuk mengatasi malicious account ini selain melaporkannya kepada pihak developer dan menunggu update keamanan. Saat ini, malicious account tersebut belum ada di OpenChat, namun bukan berarti "tidak akan". jika kalian adalah seorang admin di OpenChat, ada baiknya anda lebih memperhatikan OpenChat nya.

Untuk info lebih lanjut tentang keamanan di line, kalian bisa mengunjungi link ini Help Center Line Messenger.

Jika kalian punya pertanyaan ataupun curhat tentang hal ini (Tidak menerima curhat tentang bucin ya XD), kalian bisa menuliskannya di kolom komentar.

Terima kasih ya sudah berkunjung :D

Comments

Popular Posts